Rekomendasi Tempat Wisata ala Jepang di Medan

Wisata ala Jepang di Medan – Jepang merupakan destinasi liburan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, bahkan banyak yang menikmati Liburan Akhir Tahun di Jepang. Pesona kebudayaan dan kecantikan negara sakura tersebut berhasil menarik minat masyarakat Indonesia, meskipun banyak yang belum kesampaian untuk berkunjung ke sana.

Tetapi, bagi siapapun yang gemar dengan suasana dan kebudayaan Jepang, kini dapat merasakannya tanpa harus pergi ke Jepang terlebih dahulu. Banyak daerah di Indonesia yang telah memiliki tempat wisata yang mengadopsi tema negeri sakura, menjadi alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kota Medan juga memiliki beragam tempat wisata yang mengusung tema Jepang. Selain memiliki Wisata Alam, Cafe Unik yang populer di Instagram, dan Taman Bunga, di Medan juga terdapat beberapa tempat wisata yang menghadirkan suasana, budaya, arsitektur, atribut, dan makanan khas Jepang kepada pengunjung.
Di bawah ini beberapa lokasi wisata di Medan yang menawarkan pengalaman ala Jepang.

Rekomendasi Tempat Wisata ala Jepang di Medan

Wisata Replika Yard

Wisata Replika Yard menawarkan suasana khas Jepang yang sangat ideal untuk perjalanan bersama teman atau keluarga. Pengunjung dapat mengeksplorasi tempat ini dan mengabadikan momen dengan latar belakang bangunan mirip Jepang. Dekorasi dan atribut yang dipamerkan juga khas mencerminkan kebudayaan Jepang.

Di sana, ada replika bangunan tradisional Jepang dan banyak lampion serta replika pohon sakura. Pengunjung dapat mengambil foto sebanyak yang mereka inginkan, dan bagi yang ingin merasakan sensasi seperti di Jepang, tersedia pakaian kimono yang dapat disewa.

Harga sewa pakaian kimono beserta payung khas Jepang cukup terjangkau, mulai dari 10 hingga 20 ribu rupiah saja. Selain itu, tersedia latar belakang bergambar anime-anime Jepang, yang menjadi spot favorit untuk berfoto bagi pengunjung.
Bagi masyarakat Medan, tak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata ala Jepang ini. Replika Yard berlokasi di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion merupakan destinasi wisata terkenal di Medan yang menghadirkan nuansa Jepang yang khas. Saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung akan dihadapkan pada bangunan berarsitektur Jepang yang sangat menyerupai bangunan asli di Jepang, memberikan kesan seolah-olah berada di negeri tersebut.

Mansion ini telah berdiri sejak sekitar satu abad yang lalu, menghadirkan pengalaman tidak hanya dalam merasakan suasana dan desain arsitektur Jepang, tetapi juga memungkinkan pengunjung untuk memahami budaya dan sejarah yang terkait dengan Tjong A Fie Mansion.

Kondisi bangunan ini tetap terawat dengan baik di dalamnya, perabotannya terawat, bersih, dan tertata rapi. Selain arsitektur Jepang yang khas, terdapat juga pengaruh arsitektur China, Eropa, dan Melayu yang bisa dinikmati pengunjung.
Di dalam mansion, terdapat ruang tamu dan empat kamar tamu di lantai dua. Ruangan ini khusus digunakan untuk menerima Sultan Deli dan memiliki ruang khusus untuk tamu dari Tiongkok, Belanda, serta ruangan untuk pengunjung umum yang ingin berkunjung.

Tjong A Fie Mansion terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kecamatan Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasinya tidak jauh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Medan.

Kampung Jepang

Tempat wisata Kampung Jepang ini sering diidentifikasi sebagai Pantai Sejarah Perupuk di Batubara. Lokasi ini memiliki nilai sejarah yang signifikan sebagai titik pertama kedatangan pasukan Jepang di Sumatera Utara pada Maret tahun 1942. Selain menjadi destinasi wisata, tempat ini juga merupakan tempat pembelajaran sejarah yang berharga.

Pengunjung dapat menemukan tujuh bunker bekas pasukan Jepang di tempat wisata ini, salah satunya masih utuh dan dalam kondisi yang relatif baik hingga saat ini. Pantai Sejarah Perupuk juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan memukau.

Kawasan wisata Pantai Sejarah Perupuk menyediakan empat objek wisata yang menarik. Termasuk di dalamnya adalah Pantai Perupuk, Kampung Jepang, area rekreasi, dan pusat konservasi tanaman pinggir laut. Semua objek wisata ini dapat dinikmati oleh pengunjung di jalur timur Kabupaten Batubara.

Dengan keberadaan empat objek wisata tersebut, pilihan bagi pengunjung menjadi lebih beragam. Sehingga, saat mengunjungi satu tempat wisata saja, mereka dapat menikmati sejumlah objek wisata yang berbeda. Dengan mengunjungi Kampung Jepang ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman memakai kimono dengan latar belakang arsitektur khas Jepang tanpa harus pergi jauh ke Jepang.

Bagi masyarakat Medan atau wisatawan dari daerah lain yang ingin berkunjung, mereka dapat mengunjungi Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Medan, Sumatera Utara untuk menikmati lokasi ini.

Meatsuka Medan

Untuk merasakan nuansa khas Jepang, tidak hanya cukup dengan desain arsitektur dan suasana khasnya, tetapi juga penting untuk menikmati hidangannya. Makanan khas Jepang telah menjadi populer secara global dan disukai oleh banyak orang, termasuk di Indonesia.

Di Medan, terdapat restoran yang menghadirkan hidangan khas Jepang, yaitu Meatsuka Medan. Restoran ini menawarkan menu seperti Steamboat dan Yakiniku yang merupakan makanan khas Jepang. Desain restoran ini dirancang untuk menciptakan suasana serupa restoran di Jepang.

Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga atau teman-teman, mereka dapat mencoba menu all you can eat untuk pengalaman yang lebih memuaskan. Bagi yang ingin menikmati makanan tanpa harus pergi ke restoran, mereka juga bisa memesan berbagai menu dari Meatsuka Medan secara online.

Restoran ini beroperasi dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Oleh karena itu, pastikan untuk datang pada jam-jam tersebut. Lokasinya terletak di Jalan Jendral Sudirman Nomor 40/28, Medan, Sumatera Utara.

Simhae Medan

Simhae Medan adalah salah satu destinasi kuliner khas Jepang yang sangat digemari oleh penduduk Medan. Tempat makan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama teman atau keluarga dengan beragam hidangan khas dari Jepang yang tersedia.

Menu makanan di Simhae terjangkau harganya, lezat, dan tentunya sesuai dengan prinsip kehalalan. Simhae memiliki banyak cabang sehingga memudahkan untuk menikmati hidangannya di berbagai lokasi. Jam operasional Simhae Medan dimulai dari pukul 11 pagi hingga tutup pada pukul 9 malam.
Dengan ruangannya yang luas, pengunjung tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan tempat duduk, sehingga sangat cocok untuk acara bersama teman atau keluarga yang ingin menikmati makanan Jepang.

Bagi penggemar kuliner Jepang, tempat ini sangat pas untuk dikunjungi. Simhae Medan memiliki beberapa lokasi, antara lain di Jalan Mataram Nomor 2, Medan, Sumatera Utara, di Simpang Jalan Perpustakaan (Belakang KFC Gajah Mada), Medan, Sumatera Utara, Jalan Ringroad Nomor 101, Tanjung Sari, Medan, Sumatera Utara, dan di Wisata Kuliner Hibiki Japanese Bowl & Coffee.

Wisata Kuliner Hibiki Japanese Bowl & Coffee

Jika Anda mencari pengalaman menikmati hidangan khas Jepang dalam suasana interior minimalis yang mengingatkan pada atmosfer di Jepang, tempat yang sempurna untuk itu adalah Hibiki Japanese Bowl & Coffee.

Restoran ini tidak hanya ideal sebagai tempat untuk bertemu teman atau keluarga, tetapi juga cocok untuk menikmati makanan bersama pasangan atau untuk menikmati waktu sendiri. Suasana di sana sangat menyerupai nuansa yang dapat ditemui di Jepang, sehingga sangat menginspirasi untuk mengambil foto-foto estetis.

Hibiki Japanese Bowl & Coffee buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 9 malam. Lokasinya terletak di Jalan Multatuli Raya, Blok-FF Nomor 24, Medan, Sumatera Utara.