Tempat Wisata Medan, Liburan Hemat Tanpa Berbayar!

Tempat wisata Medan

Tempat Wisata Medan – Ada banyak lokasi wisata di Medan yang tidak memerlukan biaya tiket masuk, sehingga menambah daya tarik untuk berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga keluarga yang ingin menikmati akhir pekan dengan berlibur dan bersantai.

Dengan memilih destinasi gratis ini, Anda dapat menghemat anggaran liburan untuk digunakan pada keperluan lainnya. Meskipun tidak berbayar, tempat-tempat ini tetap menarik dikunjungi. Dan beberapa di antaranya memiliki pemandangan yang bagus untuk difoto sebagai latar belakang yang Instagramable.

Rekomendasi Tempat Wisata Medan Tanpa Berbayar

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Medan yang tidak mengenakan biaya tiket masuk.

Kampung Keling

Tempat wisata Medan

Di alamat Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan, Sumatera Utara 20152, terdapat sebuah destinasi wisata yang pertama di Medan, yaitu Kampung Keling, juga dikenal sebagai Little India karena mempunyai kemiripan dengan kota-kota di India dalam hal penampilan. Selain dikenal sebagai Little India, kawasan ini juga dijuluki sebagai Kampung Madras.

Awalnya merupakan perkampungan yang didominasi oleh penduduk etnis India yang datang ke Medan untuk mencari kawasan baru. Seiring waktu, tempat ini bertransformasi menjadi kampung wisata karena banyaknya spot menarik untuk berlibur di dalamnya. Ada beragam tempat makanan khas India dan bangunan serta kuil dengan arsitektur khas India yang membuatnya menjadi daya tarik wisata.

Danau Siombak

Tempat wisata Medan

Di alamat Jalan Ps. Nippon, Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara 20252, terdapat Danau Siomak yang menjadi destinasi yang sangat diminati tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan dari luar kota.

Daya tarik wisata ini bukan hanya karena tidak adanya retribusi masuk, melainkan juga karena keindahan pemandangan danau yang menakjubkan, dilengkapi dengan beberapa spot yang sangat cocok untuk difoto dan diunggah di Instagram.
Bagi yang ingin masuk secara gratis, disarankan untuk mengambil jalur memutar ke arah Situs Cina.

Taman Lope-lope

Berlokasi di Jalan Bulu Cina, Klumpang Kb, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20374, Taman Lope-lope adalah salah satu tempat wisata gratis di Medan yang menarik perhatian banyak orang karena namanya yang unik. Tempat ini juga dikenal sebagai Taman Cinta di Pinggir Kota.
Kenapa disebut sebagai Taman Cinta? Karena di sini terdapat sebuah kolam dengan jembatan yang memiliki desain unik dan batuan-batuan yang membentuk hati.
Selain itu, terdapat area permainan seperti ayunan yang sering menjadi spot untuk berfoto bagi pasangan yang berkunjung.

Taman Sri Deli

Berada di Jalan Sisingamangaraja, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20213, Taman Sri Deli merupakan destinasi yang sangat cocok untuk momen romantis bersama pasangan karena menawarkan pemandangan yang memikat dan indah. Sebagai salah satu taman tertua di Medan, Taman Sri Deli mengusung gaya dominan India sesuai dengan namanya.

Selain adopsi gaya India, taman ini juga memperlihatkan sentuhan arsitektur Turki dan Mesir pada bangunannya. Meskipun bisa dikunjungi kapan saja, pengalaman terbaik disarankan pada malam hari.
Pada malam hari, Taman Sri Deli di Medan terangkum dalam cahaya lampu yang memikat, memberikan pengalaman wisata yang sangat menawan.

Taman USU

Berlokasi di Jalan Dr. Mansyur No.9, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Taman USU atau Taman Universitas Sumatera Utara adalah sebuah taman yang terletak di area kampus.Meskipun terletak di antara bangunan-bangunan universitas, tempat ini tetap terbuka untuk kunjungan masyarakat umum. Salah satu daya tarik khusus dari Taman USU adalah keberadaan sekelompok rusa yang dirawat di sana dengan sengaja.

Anda dapat mengunjungi Taman USU untuk menyaksikan kehadiran rusa yang menggemaskan dan memberi mereka makan. Selain rusa, taman ini juga menampung berbagai jenis hewan lain seperti reptil, anjing, kucing, kelinci, dan lain sebagainya.

Kampung Kongsi

Terletak di Jalan DR. Cipto, Anggrung, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara 20152, hampir setiap kota besar di Indonesia memiliki kampung yang penuh dengan warna-warni.

Di Kota Medan, ada sebuah kampung bernama Kampung Kongsi yang merupakan salah satu destinasi wisata gratis dengan kehadiran lukisan mural yang menghiasi sepanjang jalannya, menciptakan tampilan yang menarik untuk difoto dan diunggah di platform sosial media seperti Instagram.

Taman Burung Cemara Asri

Berada di Komplek Cemara Asri, Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371, Taman Burung Cemara Asri merupakan salah satu destinasi wisata gratis di Medan yang bisa dimasukkan ke dalam daftar perjalanan Anda.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat ribuan burung yang terbang bebas, karena terdapat berbagai rumah atau kandang burung yang disediakan secara khusus di Taman Burung Cemara Asri.

Taman Ahmad Yani

Terletak di Jalan Imam Bonjol, J A T I, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151, Taman Ahmad Yani merupakan salah satu taman berwana hijau di Medan yang kerap digunakan oleh warga lokal untuk melepas penat, berjogging, dan berolahraga.

Taman ini memiliki ukuran yang sangat luas dan tidak hanya dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman hijau, tetapi juga menyediakan fasilitas jogging track untuk berolahraga.

Selain itu, tersedia berbagai fasilitas lain yang dapat dinikmati di sini, termasuk area taman bermain yang dapat digunakan oleh anak-anak.

Danau Cadika

Berlokasi di Jalan Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20144, Danau Cadika merupakan destinasi wisata di Medan yang menampilkan keindahan alam yang menenangkan bagi para pengunjung.

Selain menawarkan pemandangan alam yang asri, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan area taman bermain dan ruang santai di sekitar tepi danau. Menghabiskan waktu di pinggir danau ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama pasangan atau keluarga saat sore hari.

Taman Beringin

Berada di Jalan Teuku Cik Di Tiro (Medan Polonia), Medan, Sumatera Utara 20152, destinasi terakhir wisata di Medan adalah Taman Beringin. Taman ini terletak cukup dekat dengan pusat kota.

Taman Beringin dipenuhi oleh pepohonan hijau dan memiliki air mancur yang berukuran cukup besar di bagian tengahnya. Kombinasi pepohonan dan air mancur tersebut menciptakan suasana yang sejuk dan cocok untuk tempat bersantai.

Baca juga: Oleh-Oleh MedanĀ 

Pemandian Air Panas Sipoholon

Berada di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Pemandian Air Panas Sipoholon dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 2,5 jam dari Medan.
Destinasi ini mempersembahkan panorama alam yang menakjubkan, seperti pemandangan gunung dan kebun teh, selain kolam air panas yang dapat dinikmati sebagai tempat untuk bersantai dan meredakan stres.

Nah itulah rekomendasi tempat wisata Medan hemat, tanpa berbayar. Saat berlibur berkeliling Medan dan bingung akan menggunakan sarana transportasi apa, jangan khawatir, Medan 88 Rent Car memiliki berbagai macam transportasi sesuaiĀ  kebutuhkan Anda dan harga yang terjangkau. Layanan pelanggan Medan 88 Rent Car siap membantu 24/7 akan memberikan fasilitas terbaik untuk pengalaman menyewa mobil di Medan.

Apakah Anda ingin menyewa mobil per hari, per bulan, atau mungkin per tahun? Semua kebutuhan Anda bisa diatasi dengan Medan 88 Rent Car. Alamatnya ada di Jalan Sei Padang no.154, Padang Bulan Selayang I, Kec.Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20154. Atau hubungi Medan 88 Rent Car di nomor 0811 6590 888.